ads

Resep membuat Wonton /Pangsit

Wonton atau biasa di Indonesia disebut Pangsit  merupakan Jenis dimsum yang sangat disukai atau bahkan menjadi Makanan Favorite bagi Masyarakan China , khususnya di Hong Kong.
Dari pengalaman saya , selama bekerja kurang lebih sudah 6 tahun dimajikan yang sama , hampir setiap seminggu sekali Wontons akan menjadi menu makan malam keluarga majikan , termasuk saya.
Hanya saya bahan dasar yang akan sedikit berbeda , karena biasanya majikan akan memilih Wonton yang berbahan dasar Daging Babi , sedangkan saya akan tetap memilih Daging Ayam.
Bukan saya yang tidak suka memakan daging babi dan sejenisnya , karena itu di Haram kan bagi saya dan bagi kita semua yang mengaku sebagai Muslimin dan Muslimah atau Mahluk Allah yang beragama Islam.


Bahan :
  • ½ kg Baby Pak choi / Sawi Hijau ( Bisa diganti dengan sayur Lainnya ) ,
  • ½ kg Daging Ayam ( Saya pakai Daging Paha ayam , atau bisa di Ganti dengan Daging Babi bagi yang Non-Muslim ),
  • 1 Buah jagung ( Sisir ),
  • 1 Buah Bawang Bombai ( Iris/ Cincang Halus ),
  • Kulit Wonton / Kulit Pangsit Secukupnya,

Bumbu :
  • 3 Sdm Kecap Asin,
  • ½ Sdm Minyak Wijen,
  • 1 Sdm Gula Pasir,
  • ½ Sdm Tepung Maizena / Taufen,
  • Merica Bubuk Secukupnya , 
  • Garam dan Kaifen/ Royco secukupnya ( Optional )
[ads-post] Cara Membuat :
  1. Cuci Baby Pak Choi / Sawi Hijau  sampai bersih ( jika saya , akan saya rendam Selama kurang lebih 1 jam ) , Kemudian alupi atau Rebus sebentar dalam air mendidih sampai layu , kemudian angkat,
  2. Lalu Iris lembut Sawi Hijau , setelah itu peras untuk membuang sedikit air pada sayur agar Wonton nantinya tidak terlalu basah sehingga akan merusak Kulit Wonton, tiriskan
  3. Cacah Daging Ayam sampai Lembut atau di giling , kemudian Marinade dengan Semua Bumbu sampai merata , kemudian masukan Sayur Sawi Hijau , Jagung sisir , dan Irisan Bawang Bombai  , dan aduk-aduk sampai merata ,
  4. Kemudian bentuk Wonton sesuai selera , setelah itu Wonton siap digoreng , dipanggang atau di rebus / di soup.

Cara Membungkus Wonton Versi saya  adalah sebagai berikut :






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep membuat Wonton /Pangsit "

Post a Comment